Inilah 6 Alasan Pentingnya Kemasan Produk untuk Bisnis Anda

Pentingnya Kemasan Produk untuk Bisnis Anda
Innocent Smoothie Packaging

Kemasan produk, baik itu kemasan makanan, kemasan kosmetik, kemasan elektronik atau kemasan sebuah pakaian bukanlah sekadar wadah penutup produk. Kemasan produk sangat penting untuk membuat pruduk Anda berkesan di hati pelanggan dan melekat di ingatan mereka.

Coba Anda ingat lagi, gambar apa yang muncul pertama kali di pikiran Anda ketika mengingat barang terakhir yang Anda beli? Apakah Anda memikirkan keamanan, desain, atau tampilannya? Atau mungkin perannya hanya sebagai pelindung isinya saja?

Kemasan memiliki banyak peran yang berbeda. Ini termasuk memberikan perlindungan, keamanan, kebergunaan di dalamnya, penampilan yang menarik, desain yang optimal dan untuk kebutuhan pelanggan tertentu seperti, produk dengan varian limited edition atau versi tertinggi dari sebuah varian.

***

Sebagai pemilik bisnis, Anda harus melakukan segala sesuatu yang mungkin dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis. Kemudian bisnis Anda akan lebih menonjol dan mampu bersaing dengan brand besar dan menikmati semua manfaat luar biasa yang datang kepada Anda lewat inovasi dan kreatifitas hanya dengan menyodorkan kemasan produk.

Mendapatkan custom packaging box untuk kemasan produk bukanlah sesuatu yang sulit. Yang harus Anda lakukan adalah menghubungi jasa produksi kemasan usaha terbaik di kota Anda. Kemudian Anda akan dapat mengirim kotak kemasan khusus ke pelanggan dan mendapatkan nilai tambah terhadap bisnis Anda.

Mengapa kemasan produk sangat penting bagi bisnis Anda?

Selanjutnya, saya membuat daftar 6 alasan terpenting mengapa kemasan produk itu penting. Setelah Anda membacanya, beri tahu saya di komentar disertai dengan alasan, seberapa pentingkah kemasan produk bagi bisnis atau usaha Anda?

Jika Anda masih belum yakin tentang pentingnya kotak kemasan, mari kita simak 6 alasan terpenting mengapa Anda harus membuat kotak kemasan untuk produk Anda.

1. Meningkatkan kualitas produk yang Anda tawarkan

Hal hebat pertama terkait kemasan produk adalah dapat membantu Anda meningkatkan kualitas keseluruhan produk yang Anda tawarkan kepada pelanggan Anda.

Pelanggan Anda menghabiskan uang mereka untuk membeli produk yang Anda jual. Karena alasan yang sama, Anda perlu memastikan bahwa Anda menambahkan nilai lebih pada pembelian mereka bersama dengan penyampaian kesan pertama yang sangat baik. Berdasarkan kesan pertama yang Anda berikan beserta dengan produknya, Anda juga akan dapat memungkinkan pelanggan untuk merasakan kualitas keseluruhan dari penawaran Anda juga.

Pentingnya pengemasan pada suatu produk adalah karena kemasan tersebut dapat mencerminkan kualitas dari produk tersebut. Jika kemasan seadanya dan tidak tertata rapi maka orang-orang pun akan berpikir, jika kemasannya saja tidak dijaga, bagaimana isi dalamnya?

Ketika Anda merancang box packaging dan menyesuaikannya dengan sempurna untuk pelanggan, Anda akan dapat meningkatkan nilai keseluruhan dari produk yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, pelanggan Anda akan mendapatkan kesan bahwa mereka telah membeli produk berkualitas tinggi, bahkan sebelum mereka membuka kemasannya. Kesan pertama ini akan bertahan selamanya.

Di sisi lain, gagal memberikan kesan pertama pada kemasan produk yang sempurna mungkin dapat membuat pelanggan Anda khawatir tentang apa yang mereka terima. Mereka akan bertanya-tanya apakah Anda memberikan produk berkualitas dengan jumlah uang yang dibayarkan oleh pelanggan Anda atau tidak. Di sinilah kotak kemasan khusus untuk produk dapat membantu bisnis atau usaha Anda.

2. Kemasan produk sebagai pelindung dari segala kerusakan

Tujuan utama pengemasan adalah untuk melindungi isinya dari segala kerusakan yang dapat terjadi selama pengangkutan, penanganan, dan penyimpanan. Kemasan produk juga dapat menjaga produk tetap utuh di seluruh rantai logistiknya dari produsen hingga pengguna akhir. Selain itu, kemasan juga dapat melindungi produk dari kelembaban, cahaya, panas dan faktor eksternal lainnya. Ini adalah tujuan terpenting dari pengemasan.

Secara keseluruhan, tujuan kemasan adalah untuk melindungi, tetapi ada perbedaan antara kemasan yang cerdas dan dirancang dengan baik dengan kemasan tanpa desain yang tidak sesuai dengan merk atau brand Anda.

3. Sebagai daya tarik dan kebergunaan terhadap konsumen

Kemasan produk merupakan bagian penting dari sebuah brand dan pemasaran. Packaging produk yang unik dapat meningkatkan daya tarik produk sehingga mempengaruhi keinginan untuk membeli produk tersebut. Kemasan sama pentingnya dengan produk itu sendiri. Tujuannya adalah untuk membuatnya menonjol di rak etalase dibanding dengan produk lain, meningkatkan penjualan, memberikan informasi yang relevan tentang produk dan meningkatkan minat untuk membeli.

Konsumen mencari kemasan yang sesuai dengan tujuan. Mereka menuntut kemasan fungsional, mudah dibuka dan ditutup, mudah dilipat dan disortir setelah digunakan, dan dapat digunakan kembali atau bahkan bisa didaur ulang untuk memenuhi beberapa kebutuhan konsumen. Selain itu, desain yang optimal meningkatkan kegunaan. Tren kegunaan kemasan saat ini telah mengubah arah dari yang hanya menerapkan budaya sekali pakai, sekarang mereka kembali membeli produk dalam jumlah besar dengan kemasan yang dapat digunakan kembali.

Sebuah kemasan juga bisa menceritakan keseluruhan cerita tentang bisnis di balik produk dan dampak lingkungan, sosial dan ekonomi produk. Ini adalah alat untuk mengkomunikasikan nilai-nilai perusahaan dan manfaat besar yang dibawa produk kepada konsumen.

4. Kemasan untuk memuat informasi penting tentang produk (keamanan)

Di atas segalanya, kemasan memiliki peran penting dalam menjaga isi dan konsumennya tetap aman. Kemasan harus memuat informasi penting tentang produk dan keamanannya. Misalnya, untuk produk makanan;tanggal pengemasan, tanggal "baik digunakan sebelum" dan daftar bahan/komposisi harus terlihat jelas pada kemasannya. Tidak ada bahan kimia, bau, atau rasa yang berbahaya yang boleh berpindah dari bahan kemasan ke makanan, apakah itu diproduksi dari bahan asli atau bahan daur ulang.






Selain itu, informasi tentang keamanan lainnya harus jelas dari kemasannya jika itu mengandung zat beracun (produk-produk pertanian). Semua informasi ini menambah keamanan produk bagi konsumen. Terlalu banyak informasi selalu lebih baik daripada tidak ada informasi sama sekali.

5. Sebagai salah satu trik membangun loyalitas pelanggan

Kemasan produk mampu membuat bisnis Anda terlibat dengan pelanggan,menciptakan pengalaman yang berharga dan menarik bagi mereka dapat meningkatkan kemungkinan mereka menjadi pelanggan setia alias langganan. Misalnya, konsumen lebih sadar lingkungan daripada sebelumnya, dan akibatnya banyak merek menerapkan sistem penghargaan bagi pelanggan yang menggunakan kembali kemasan mereka, sebagai insentif untuk membeli kembali, mendaur ulang, dan menghemat uang mereka.

Di samping insentif, memperbarui kemasan produk Anda dengan mengiklankan profil sosial dan atribut promosi Anda memungkinkan bisnis Anda untuk lebih mengeksplorasi siapa yang menggunakan produk Anda, sekaligus menyebarkan berita tentang produk atau merek Anda.

Di dunia digital dimana influencer semakin sering digunakan untuk mensponsori atau mempromosikan produk, media sosial memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan wawasan tentang audiens Anda, sambil membangun loyalitas pelanggan dalam target pasar Anda, dan memperluas jangkauan Anda melalui kemitraan atau sponsor yang selaras di ruang sosial .

6. Packaging sebagai salah satu bentuk pemasaran

Kemasan produk juga merupakan karakteristik dari suatu produk dan memberikan kenyamanan konsumen untuk mengenali produk yang dijual. Bahkan beberapa industri makanan di Indonesia terus mempertahankan identitas yang mereka jual. Seperti logo, warna, desain kemasan, itu membuat fitur produk.

Desain kemasan dapat membentuk alasan untuk loyalitas konsumen melalui psikologi dan emosi. Misalnya, dengan pemilihan warna, karakter unik dari bentuk kemasan, ilustrasi dan tata letak. Desain kemasan juga dapat sangat berpengaruh pada standar perusahaan dalam penetapan harga produk di luar produksi. Desain kemasan menciptakan produk yang memiliki identitas membuatnya berbeda antara produk lain yang mematuhi kompetisi merek yang semakin kompetitif. 

Itulah pentingnya mengemas produk dengan baik dan bagus. Karena dengan mengemas dengan baik maka akan terjalin hubungan baik dan kelancaran bisnis antar konsumen dan produsen. Selain itu pengemasan juga memberikan kesan bagus bagi perusahaan yang memproduksi produk tersebut. 

Dengan mengetahui nama produk dan nama perusahaan akan memudahkan calon pembeli untuk membandingkan produk yang satu dan lainnya. Nama brand dari produk yang tercantum di kemasan sangat mempengaruhi untuk semua calon pembeli. Sehingga nama tersebut akan memudahkan untuk mengingat produk ini di lain waktu jika terjadi ketidakpuasan atau justru tertarik untuk membeli lagi.

Mengoptimalkan peran kemasan produk untuk bisnis Anda dengan benar dapat meningkatkan brand awareness dan produk Anda akan lebih terkenal. Sebelum itu, Anda harus menentukan jenis kemasan apa yang harus Anda gunakan untuk produk bisnis Anda.

Post a Comment

0 Comments